Selasa, 07 Agustus 2018

Perjuangan Mendapatkan PTN 2018

Perjuangan Mendapatkan PTN 2018
Hello, my name is Rima Amara Sabrina. Biasa dipanggil Rima. Asal dari Kota Singkawang.
Aku pengen cerita nih perjuangan susah payahku mendapatkan PTN. Setelah 3x GAGAL.

Aku dari SMP emang udah bercita-cita setelah SMA pengen kuliah, dan tempat kuliah yang pertama kali aku idam-idamkan itu adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Karena aku suka banget pelajaran Agama Islam dan pengen jadi guru. Tapi seiring berjalannya waktu, tiba-tiba aku suka sama pelajaran Bahasa Inggris. Jadi, cita-citaku kuganti deh pengen jadi Guru Bahasa Inggris, dan berencana mau masuk ke Universitas Tanjungpura Pontianak.

Lanjut....

Awal kelas 12
Di awal kelas 12 ini, aku udah nyiapin segala strategi buat ngejer PTN idaman. Dari mulai baca blog-blog pengalaman mahasiswa, sampe beli buku untuk belajar SBMPTN pun udah kusiapkan dari awal kelas 12. TANPA BIMBEL. Aku sebenernya pengen banget ikut bimbel di luar sekolah. Tapi ortu nggak ngizinin, mereka bilang “bimbel belum tentu menjamin keberhasilanmu, tergantung dari dirimu sendiri”
Oh iya, aku ini di SMA jurusan IPS. Jadi aku beli buku Soshum. Pertama, aku pelajarin dulu tuh yang namanya TPA. Karena TPA emang penting banget. Tapi aku pusing banget awal-awal kelas 12 itu tugasnya banyak banget naudzubillah. Apalagi tugas Akuntansi, beh. Udahlah.. Aku paling anti pelajaran akuntansi. Udahlah ngitungnya lama, garis-garisin kolomnya lama, nulis harus rapi, ribet dah pokoknya. Ayahku nyuruh aku setelah SMA daftar ke STAN, ini kah yang ayahku saranin ke aku? Nggak ada minat-minatnya aku sama pelajaran akuntansi. Tapi buat kalian yang suka Akuntansi, aku kasih 4 jempol ke kalian. Berarti kalian orangnya teliti dan hebat!

Sangking banyaknya tugas, jadwal buat belajar untuk SBMPTN jadi berantakan! Aku juga bingung bagi waktu antara belajar untuk UN dengan belajar untuk SBMPTN. Rambut gua jadi suka rontok gara-gara urusan ini.
Nilai-nilaiku di kelas yang tadinya lumayan bagus, malah jadi banyak yang anjlok. Gara-gara aku lebih mentingin SBMPTN daripada pelajaran biasa di sekolah. Pusing. Tapi peringkat tetep naik hehe
SNMPTN dibuka. Tau kan SNMPTN itu singkatan dari apa? Pasti taulah ya, hari gini masih nggak tau yg namanya SNMPTN? Berarti anda ketinggalan zaman hehe. Kalo nggak tau, search aja di google. Nah, aku langsung cepet-cepet daftar. Gopoh gitu, karena aku pikir pendaftar pertama bisa diterima gitu.
Waktu daftar SNMPTN, PTN dan Program Studi yang kupilih adalah:
1. Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tanjungpura
2. Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Lampung
3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung

Loh, kok bisa nyosor jauh banget sih milihnya ke Lampung? Yoo terserahku lah mau pilih PTN mana aja. Hehe. Iya karena aku pengen balik ke kampung masa kecilku di Lampung.

Nah, di jalur SNMPTN ini aku tuh ngerasa “sedikit yakin” bahwa aku bisa lolos, karena peringkatku dari kelas XI sampai kelas XII selalu masuk 3 besar. Kelas X apa kabar? Kelas X mah jaman-jamannya aku masih nggak ada motivasi belajar. Yah, jadi 10 besar pun aku nggak masuk waktu kelas X mah.


Tapi entah mengapa, aku yakin, aku bisa lolos SNM. Aku juga ngeliat akreditasi sekolahku A. Pasti aku bisa lolos, pikirku. Setidaknya banyak juga alumni SMAku masuk ke Universitas Tanjungpura. Ketika tanggal 17 April 2018, itulah hari yang kutunggu-tunggu, momen mendebarkan jantung, dan momen keringat dingin. Kubuka WEBSITE PENGUMUMAN SNMPTN dengan rasa percaya diri diselipi dengan doa-doa, zikir, dan shalawat. Ternyata tulisannya adalah “Maaf anda dinyatakan tidak lolos” Yeeeee akhirnya aku pun meneteskan air mata sedikit “tes..tes” lalu air mata itu mengalir ke pipiku. “kok aku nggak lolos sih” kataku dalam hati. Aku pun langsung masuk kamar dan liat status wa temen-temenku yang lolos.  Mereka pamer kebahagiaan di status wa, aku pun semakin sedih. Mereka yang rengking di bawahku saja banyak yang lolos. Selamat buat kalian ya! Bersyukurlah sebanyak-banyaknya karena itu merupakan nikmat dari Allah kepada kalian.


Beberapa hari kemudian aku mencoba bangkit dari keterpurukan. Karena aku nggak mau berlama-lamaan berada dalam kesedihan. Aku langsung aja fokus belajar untuk SBMPTN. Tanggal 18 April 2018 pendaftaran SBMPTN telah dibuka, tapi aku nggak langsung daftar. Nggak gopoh kayak daftar SNMPTN. Aku daftar SBMPTN 3 hari setelah pendaftaran dibuka.
PTN yang kupilih ketika mendaftar SBMPTN adalah:
1. Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tanjungpura
2. Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Lampung
3. Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia


Kenapa aku milih Universitas Pendidikan Indonesia? Karena ayahku nyaranin aku ke UNPAD, tapi bagiku UNPAD itu masuk 10 besar kampus terfavorit se-Indonesia. Aku nggak yakin bisa masuk situ. Nah, makanya aku milih UPI. Lagian duku waktu kelas X ,  UPI juga jadi kampus idamanku. Karena letaknya yang satu provinsi dengan rumah (waktu itu aku tinggal di Bogor) dan juga karena ada basis Pendidikannya. Aku suka banget kalau udah soal Pendidikan.

Soal-soal SBMPTN kupelajari semua. Pembahasan dari soal-soal di buku yang penting-penting kuberi stabilo dan kuringkas lalu kuhafal. Begitulah cara sistem belajarku.

Hari H SBMPTN
8 Mei 2018 merupakan hari H SBMPTN. Saat itu perasaanku “santay” aja. Aku nggak mau buat diriku tegang. Tapi kepalaku agak sedikit pusing gara-gara H-1 aku masih belajar. Aku dapat tempat tesnya di MAN 2 Pontianak.
Peralatan tes semua sudah siap, bekal kubawa, dan roti pun kubawa (antisipasi supaya nggak laper).
Ketika nyari ruangan tes, ada kejadian yang memalukan karena aku salah masuk ruang. Padahal H-1 aku udah ngecek ruangannya, tapi aku lupa  (efek pusing). Di ruang tes aku duduk paling belakang, sebelum tes di mulai aku nggak belajar karena takut makin pusing. Jadi aku main hp aja. Buka wa , chat sahabat-sahabatku, chat ortuku minta doain, dan chat pacarku yang juga sama-sama lagi berjuang buat SBMPTN.
Tes pun di mulai.
Tes pertama jatuh pada pelajaran Tes Potensi Akademik.
Aku mengisi soal-soal yang menurutku mudah dulu. Kayak soal visual (gambar-gambar), verbal, penalaran analitik, bhs. Indo. Tapi pas aku mw ngisi soal bhs inggris, waktunya malah sisa 15 menit lagi. Aku nggak mungkin dong mau cap cip cup. Itu kan pelajaran yang pengen aku pilih. Masa ngasal. Tapi karena aku gopoh, terpaksa deh make cap cip cup. Dan kalian mau tau nggak? Matdas nggak sempet aku isi. Jadi kosong. Aduh kumaha atuh kumahaa. Padahal penilaian SBMPTN ini kalau benar dapat poin 1, salah dapat 0, dan kalau nggak ngisi dapat 0. Jadi otomatis lah harus diisi semua biar bisa dapet poin sebanyak-banyaknya. Tapi malah ada yang aku kosongin.


Hmm dahlah, selesai Tes TPA aku pun sedih dan udah pesimis bakalan nggak lolos. Buat adik-adik yang nanti mau berjuang SBMPTN juga, kalian nggak boleh berlama lamaan mikir di satu soal. Kalian harus cepet ngerjainnya. Cepat tapi tepat. Nggak usah cepet tapi ngasal-ngasal ! Itu mah sama aja. (Jangan contohin aku).


Tes ke 2 di mulai.

Tes ke dua ini materinya Soshum. Soshum itu ada Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah. Soshum nggak terlalu sulit kayak TPA. Di Soshum ini kalian sebelumnya harus rajin-rajin baca dan nyiapin hafalan yang banyak untuk materinya. (Bagi yang tes Soshum). 

Dah!

Selesai SBMPTN aku pun berniat untuk nggak nginget-nginget tentang SBMPTN, bahkan aku juga berniat nggak mau ngeliat hasil SBMPTNnya nanti. Intinya aku udah nggak peduli.

Tapi, setelah aku mendengar kabar bahwa temanku lolos di Poltekkes, aku jadi kepikiran sama hasil SBMPTNku. Akhirnya menjelang pengumuman SBM, aku berdoa, mendekatkan diri kepada Allah, dan ningkatin ibadahku. Aku baru sadar “doa itu penting banget, nggak boleh patah semangat mentang-mentang dulu pernah nggak lolos SNM, masa sekarang jadi berhenti berdoa sih? Astaghfirullah” kataku dalam hati.


3 JULI 2018, adalah hari PENGUMUMAN SBMPTN. Pagi-pagi aku browsing tentang pengumuman SBMPTN, aku ngeliat jumlah pendaftar SBMPTN 2018 itu ada sekitar 80.000-an manusia, sedangkan jumlah yang keterima hanya sekitar 7000-an! Dikit banget kan? Emang gitu SBM mah, nggak heran. Aku pun jadi semakin takut.
Pengumuman SBMPTN jam 17:00 WIB. Jadi aku masih sempet doa, ibadah, bobo siang, dan segala macem. Tapi ternyata pengumumannya dimajuin jadi jam 15:00. Aku yang baru bangun tidur siang, langsung cepet-cepet shalat ashar, terus berdoa banyak-banyak sambil gemeteran. Gimana nggak gemeteran coba. Temen sebangkuku udah nanya-nanya hasilnya. Dia udah nggak sabar banget nungguin hasil punyaku. “hadeh sabar nape , aku shalat dulu” kataku gitu. Terus dia jawab “iya rima kamu berdoa banyak-banyak gih”. Selesai shalat, aku langsung buka Websitenya, tapi nggak bisa-bisa. Soalnya pasti ribuan umat yang lagi buka website pengumuman. Aku pun makin deg-degan, makin gemeteran, ngomong juga nyampe ngemeteran. Udah jam 17:00 tetep nggak bisa-bisa. Jadi, aku minta tolong pacarku buat bukain websitenya. Pertama dia buka punya dia dulu “tapi dia gagal”, sabar ya say. Lalu dia buka punyaku, dan dia langsung wa aku:
“kamu gagal juga, sabar yaaa” katanya.
Seketika aku langsung mewek. Huuu cengeng! “Mah anakmu ini ditolak lagi” kataku dalam hati. Aku mau ngomong ke mama aku, tapi aku masih nggak sanggup bilangnya. Nunggu mamaku nanya duluan ajalah.

Mamaku nanya: Gimana hasilnya ?
Aku: Gagal lagi
Mama: Hah yang bener?
Aku: Iya
Mama : Ya sudah, nanti ikut mandiri lagi
Aku: Nggak ah, aku mw nganggur aja 1 tahun ini. Nyoba lagi tahun depan.
Mama: Ih jangan nganggur, nanti otakmu jadi buntu.
Aku : @#&#-#-@-@! (Diam sejuta bahasa)


Temen sebangkuku nanya : Gimana hasilnya?
Aku : Saya belum beruntung
Temen sebangku: Hah masa sih? Yaudah nanti ikut mandiri aja.
Aku: Aku sebenrnya pengen nganggur. Tapi mamaku nggak bolehin
Temen sebangku: Iya jangan nganggur, nanti mubazir umur


Ayahku lagi kerja, beliau WA aku : Gimana hasilnya kak?
Aku: Saya belum beruntung
Ayah: Allah punya rencana lain
Aku: 
Ayah: Jangan sedih
“Ya sedih lah yah” kataku dalam hati.


Sesi kesedihan pun berakhir, saatnya memasuki sesi berjuang lagi untuk mendapatkan PTN melalui jalur Mandiri. Kali ini aku daftar ke 2 PTN, yaitu UNTAN dan IAIN Pontianak. Waktu SBMPTN sebenernya aku mau daftar ke IAIN juga, tapi malah ketinggalan informasi.

Di UNTAN aku milih 2 prodi:
1. Pendidikan Bahasa Inggris (Pagi)
2. Pendidikan Bahasa Indonesia (Pagi)


Masih nekat kan aku milih Pendidikan Bahasa Inggris? Aku ini orangnya emang keras kepala, nggak mau pindah ke jurusan lain. Aku udah jatuh cinta pada pandangan ke 2 sama Bahasa Inggris. Sebenernya di pilihan yang ke 2 aku nggak mau milih Pendidikan, soalnya takut ditolak lagi. Sebenernya aku mau milih Sosiologi di pilihan yang ke 2, karena aku suka juga pelajaran itu dan nilai UN Sosiologiku pun lebih tinggi dari mapel yang lain. Tapi ortuku nggak setuju kalau aku milih Sosiologi, mereka nyaranin Pendidikan Bahasa Indonesia aja. Aku memang suka Bahasa Indonesia juga sih, karena aku suka buat puisi, pidato, dll yang berbau sastra. Yaudah akhirnya aku milih itu.


Kalau di IAIN aku milih 2 prodi juga, yaitu:
1. Pendidikan Agama Islam
2. Pendidikan Bahasa Arab

Nah prodi yang ke 1 itu emang cita-cita aku dari dulu, itu pelajaran yang pertama kali kucintai. Kalau prodi yang ke 2? Itu disaranin sama mamaku. Kata mamaku “nggak ada prodi bahasa inggris, yaudah kamu pilih bahasa Arab aja”. Yasudah, akhirnya aku milih Bahasa Arab. Aku milih itu juga bukan cuma karena saran dari mama sih, tapi karena kemauan aku sendiri. Aku pengen mempelajari Bahasa Arab, aku penasaran, dan aku emang suka pelajaran Bahasa Asing.


Kali ini aku pergi ke Pontianak diantar ayahku pakai motor. Aku pergi ke Pontianak H-1 sebelum tes di UNTAN. Sepanjang jalan , aku terus zikir, istifar, dan doa. Karena aku nggak mau sia-sia lagi. Jauh-jauh dateng dari Singkawang ke Pontianak cuma mau tes masa gagal lagi sih, pikirku gitu. Sampe di Pontianak, aku mampir ke UNTAN dulu ngecek lokasi tesku. Habis itu baru ke rumah saudaraku buat nginep di sana. Malemnya, aku ngeriview materi dan soal-soal untuk tes. Pukul 22:00 WIB, aku bobo.
Sehabis mandi, aku langsung shalat subuh dan siap-siap buat pergi tes. Nggak lupa sarapan. Aku tes dianter ayahku. Tesnya dimulai jam 07:30. Kami berangkat jam setengah 7, karena takut kena macet.
Nah bener kan, di jalan ternyata kena macet. Udah itu nyasar pula. Yaampun. Nyampe ke UNTAN pas jam setengah 7:30. Orang-orang udah pada di ruangan semua. Aku telat.

Ketika Tes
Tes pertama: Tes Potensi Akademik

Kubuka soal-soalnya.. Wah.. Soal-soalnya nggak terlalu sulit kayak SBMPTN kemarin. Pertama, aku ngisi Bahasa Inggris dulu, habis itu Bahasa Indonesia, lalu Tes Potensi Akademik. Bahasa Inggrisnya juga yang keluar nggak serumit SBMPTN. Aku nggak nyangka, aku pun seneng dalam hati. Aku ngerjain semuanya lancar. Matdas pun aku ngasalnya lancar juga. Hahaha Matdas nggak kupelajarin, sengaja. Karena waktunya juga nggak akan cukup kalau mau ngitung-ngitung pas ngerjain Matdas.
Selesai tes TPA, aku keluar ruangan dengan perasaan lega. Lalu aku pergi ke kantin sendirian. Tiada yang menemani. Aku beli minuman dan cemilan. Belum sempet ngemil, eh ternyata udah masuk untuk Tes yang ke 2. Aku baru sempet minum seteguk. Soalnya kantinnya rame banget sih!

Tes ke 2, Soshum. Nggak ada masalah juga. Lancarlah. Alhamdulillah

Aku pulang, lalu aku belajar lagi di rumah sodara untuk tes di IAIN minggu depan. Aku pelajarin buku agama yang kubawa dari rumah, browsing di internet, download soal-soal agama UIN Jakarta di pdf, dan pelajarin soal-soal UIN yang dikasih pacarku. Oh iya, pacarku ini ceritanya udah lolos di 2 PTN, broh. Dia lolos di Pendidikan Bahasa Inggris UIN Lampung, dan lolos di Keperawatan Poltekkes Tanjungkarang. Selamat ya beb! Tapi dia ambil yang di Poltekkes. Soalnya dia mau jadi perawat, supaya dia bisa ngerawat aku nti, katanya. Hehe. Kalau yang Pendidikan Bahasa Inggris nggak diambilnya, yah..buat aku aja sihh? :v Bahagianya kalo aku lolos di Pendidikan Bahasa Inggris kayak dia. Sudahlah..itu rejeki dia. Rejekiku kan sudah diatur Allah.

Tes di IAIN

Tes di IAIN ini 2 hari.

Hari pertama: Tes Pengetahuan Umum sekaligus Agama Keislaman dan Tes Potensi Akademik.

Hari kedua: Tes Kebahasaan dan Wawancara (ada wawancaranya gaes)


Hari pertama.
Hari pertama, aku berusaha santay. Walaupun aku nggak tau bentuk soalnya yang keluar nti gimana. Aku udah ngebayangin pasti susah-susah.
Pergi tes aku dianter bibi, karena ayahku udah pulang ke Singkawang. Di perjalanan lancar-lancar aja. Nggak kena macet, dan nggak nyasar juga. Sip.
Tesnya dimulai jam 8:00. Sedangkan, jam 7:00 aku sudah berada di dalam ruangan. Aku masih sempet ngaji dulu baca surah Al-Waqiah. Surah yang memperlancar rezeki.
Tes pun dimulai. Pelajaran pertama: Pengetahuan Umum dan Keislaman.
Tesnya nggak make LJK. Jadi, ngisinya pakai pulpen dan pake disilang. Nggak dibuletin kayak tes yang lainnya.
Kubuka soal dengan bismillah.. Wah soalnya nggak terlalu sulit seperti yang kupelajari, nggak terlalu sulit seperti yang kubayangkan. Bahkan pelajaran SD, SMP pun ada. “namanya juga pengetahuan umum, pasti ada dong, gimana si ! ” kataku dalam hati. Tes pertama pun selesai juga, aku ngerjainnya lancar jaya.

Alhamdulillah.

Tes kedua, TPA. Kubuka soalnya dengan bismillah. Wah... Nggak ada pelajaran MTK. Yeee aku pun kesenengan bukan main. Sekaligus nggak percaya. Nggak ada mtknya. Asli ! Ada sih, tapi cuma pola barisan angka dan huruf. Dan biasanya aku ngerjain pola barisan itu pasti kesusahan, tapi pas di tes yang ini mah mudah, dan lancar. Bahkan aku ngerjain soal yang pola barisan huruf pun lancar. Ya allah inikah namanya “jalan yang engkau mudahkan” Alhamdulillah. Di TPA nya ini aku cuma bermasalah di soal visual ( pola gambar ). Soalnya gambarnya nggak jelas. Anak-anak yang lain pun bermasalah di situ.
Tes hari pertama pun selesai. Kesimpulannya, tes hari pertama: Lancar


Tes Hari Ke 2

Tes hari ke 2: Kebahasaan dan Wawancara.

Nah ini nih yang kutakutin, wawancara. Aku takut ditanyain macem-macem. Dan takut kena suruh perkenalan pake bahasa Arab. Soalnya aku ngambil prodi itu.

Tes 1.

Tes 1 kubuka soalnya dengan bismillah.. Ternyata ada 3 bahasa gaes. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.
Aku kerjain dulu B. Indo. B. indo lancar Alhamdulillah. B. Inggris? B.Inggris aku nggak nyangka soal yang keluar lebih mudah dari tes di Mandiri UNTAN. Asli, cuman ngelengkapin kata-kata yang kosong aja tes bahasa inggrisnya. Nggak ada soal reading yang panjangnya naudzubillah. Bahasa Inggris juga lancar. Alhamdulillah. Nah bahasa Arab? Ya allah bahasa Arab asli aku ngasal semua. Walaupun kucari, kutelitiin bacaan arabnya, tetapi tetep aja aku ngasal ngisinya. Seketika palaku langsung pusing, nguing-nguing, nyut-nyut, tuing-tuing. Aku emang gitu, setiap ngeliat soal-soal yang susah pasti langsung pusing. Intinya tes Bahasa Arab nggak lancar.

Tes ke 2 Wawancara.

Aku dapet nomor urut ke 2 paling terakhir. Jadi aku pulangnya lama deh. Yang tadinya kampus rame banget, giliran aku yang wawancara mah jadi sepi banget. Karena manusia udah pada pulang. Waktu diwawancara aku deg-degan, tapi aku berusaha santay dan percaya diri. Itulah prinsipku “percaya diri” haha. Sok-sokan. Diwawancarainnya pun berdua-berdua. Biar cepet.



Apa saja yang diwawancarai?
1. Disuruh nulis Arab. Alahmdulillah aku lancar.
2. Disuruh ngaji. Alhamdulillah aku lancar.
3. Ditanya nama, dan asal sekolah. Alhamdulillah aku lancar
4. Ditanya kenapa milih prodi ini. Nah di bagian ini, aku sempat diragukan dosennya “kamu kan dari SMA, kok milih pendidikan Bahasa Arab? Orang yang dari Aliyah aja belum tentu milih Bahasa Arab.” “dan ibu rasa kamu kayaknya keterima di pendidikan Bahasa Arab” katanya lagi. Taoi alhamdulillah aku jawabnya lancar, dan dosennya nerima alasanku milih Pendidikan Bahasa Arab.

Sudah, itu saja hal yang ditanyakan ketika aku diwawancarai. Alhamdulillah nggak seserem apa yang kubayangkan. Nggak disuruh ngomomg make bahasa Arab.


PENGUMUMAN MANDIRI UNTAN
28 Juli 2018 adalah hari Pengumuman Mandiri UNTAN.
Harapanku untuk lolos di UNTAN sangat besar. Aku deg-degan dan keringet dingin. Kuliat namaku di koran nggak ada, ternyata koran itu emang ada yang salah katanya. Aku masih bersyukurlah, dan nggak jadi mewek. Lalu, temen-temen ngirim PDF hasil pengumuman. Namaku juga ternyata nggak ada di sana. Aku pun sedih, tapi ternyata kata mereka itu pdf tahun lalu. Aku pun bersyukur lagi dan masih menyimpan harapan untuk lolos. Kubuka websitenya yang error mulu. Terus akhirnya aku minta bukain sama temenku, tapi ternyata hasilnya aku GAGAL lagi. Yah aku ditolak lagi..3x aku gagal. Aku nggak terlalu sedih sih. Aku biasa aja, soalnya udah berkali-kali gagal. Aku sempat berpikir “apasih salahku, apakah dosaku banyak banget tah? Nyampe berkali-kali ditolak gini” padahal aku ngerasa ngerjain soal di mandiri untan lebih mudah dari waktu SBMPTN. Hm sudahlah, belum rejeki. Aku pun berniat untuk daftar mandiri ke 2.


PENGUMUMAN MANDIRI IAIN PONTIANAK
6 Agustus 2018 adalah hari Pengumuman Mandiri IAIN.
Harapanku untuk lolos di IAIN ini nggak sebesar lolos di UNTAN. Aku menunggu biasa aja, nggak deg-degan, bahkan aku berkali-kali ngecek google “kok pengumumannya belum ada sih nyampe sekarang” aku pun shalat duha, masih sempet makan siang, shalat zuhur, dan tidur siang. Bangun tidur, aku dikirimin Pdf sama temen sekelasku yang juga daftar ke IAIN. Kubuka pdf itu dengan bismillah, kucari namaku. Ternyata namaku ADA diterima di S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB. Wih Alhamdulillah. Aku nggak nyangka banget bisa keterima di Bahasa Arab. Aku kira aku bakal keterima di Pendidikan Agama Islam.
Aku pun langsung sujud syukur, ngasih tau bibi, dan pamanku di rumah. Lalu aku wa ayahku, temen-temenku, dan wa pacarku (yang lagi nggak aktif karena asrama di poltekkes).


Tapi kata ayahku “kamu daftar ikip aja lagi, mama suruh kamu ambil pendidikan bahasa inggris di Ikip”
Kujawab “loh kok ikip? Hm cape aku mau tes-tes lagi..sudahlah terima saja, syukuri aku udah lolos di IAIN. Lagian IAIN itu negeri, ikip swasta. Nanti mahal.” Mamaku emang ngebet banget pengen aku masuk di Pendidikan Bahasa Inggris, karena itu cita-citanya dari dulu yang belum kesampaian nyampe sekarang. Dulu mamaku malah keterima di Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen.


Tapi akhirnya kedua orang tuaku pun menyutujui aku masuk IAIN. Dan aku sangat bersyukur bisa lolos kali ini karena aku yakin inilah rejeki yang Allah berikan yang patut disyukuri, aku yakin pasti inilah jalan yang terbaik yang Allah berikan dkepadaku. Walaupun aku belum terlalu bisa bahasa Arab, tapi aku akan mencoba mempelajarinya.

Jauh sebelum pengumuman di IAIN, aku sempet mimpi aku keterima di Pendidikan Bahasa Arab IAIN dan gagal di Mandiri UNTAN. Ternyata mimpi itu bukan sembarang mimpi, itu adalah peringatan bagiku.

Tapi akhirnya aku bisa mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri. Lolos di kampus idamanku yang pertama dulu. Kembali lagi ke cinta pertama haha. The End

1 komentar: